Kamis, 31 Desember 2009

mengenai E-commerce

Setelah kemarin saya mengikuti workshop tentang shopping cart, saya jadi ingin membuat sedikit ringkasan.hehehe . Inilah pemahaman saya selama saya mengikuti workshop tersebut.
Electronic Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Keberadaan E-Commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena E-Commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam melakukan transaksi perdagangan, meskipun para pihak berada di dua benua berbeda sekalipun. Dengan E-Commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu jaringan internet ini dapat menembus batas geografis dan teritorial termasuk yurisdiksi hukumnya.

Komponen utama E-Commerce :
• Electronic Data Interchange (EDI)
• Digital Currency
• Electronic Catalog

Manfaat E-Commerce :
• dapat menekan biaya barang dan jasa
• dapat meningkatkan kepuasan konsumen
• waktu lebih efisien
• memiliki pelanggan yang tidak hanya berada disatu wilayah yang sama.
• transaksi dengan cepat
• biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit
• bias membuka took selama 24 jam

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai e-commerce, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4462/1/upload%20dika.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus