Rabu, 30 Desember 2009

FEDORA

Fedora adalah proyek yang disponsori oleh Red Hat, sebuah proyek sumber terbuka yang didukung oleh komunitas/masyarakat, dikembangkan sebagai kerjasama antara komunitas open source dan teknisi Red Hat. Versi terbaru Fedora dirilis dua kali setahun. Fedora bisa didapatkan dengan gratis dan akan tetap seperti itu. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.
Tujuan dari Fedora adalah perkembangan software dan konten yang gratis yang cepat, forum umum, proses yang terbuka, inovasi yang cepat, pemanfaatan, dan transparansi. Semuanya dalam langkah untuk menjadi sistem operasi dan platform terbaik yang bebas, dan terbuka, tanpa biaya, bisa digunakan secara bebas, bisa dimodifikasi, bisa didistribusikan ulang, dan tidak membebani dengan hak paten dari software.
Instalasinyapun mudah seperti distro linux lainnya. Setiap pengguna fedora dapat dengan bebas membuat disto sendiri yang disebut dengan Spin.setiap spin dibuat bedasarkan kebutuhan tertentu yang diinginkan pembuatnya.

Kelebihan dari OS fedora adalah
• Sangat inovatif dengan mengeluarkan versi terbaru setiap 6 bulan sekali
• Tingkat sekuriti yang baik yaitu adanya paket SELinux (Security-Enhanced Linux)
• Dukungan paket aplikasi yang sangat banyak.

Kekurangan dari OS fedora adalah
• Tidak sestabil Debian atau Slackware untuk server
• Tidak semudah dan semutakhir Suse atau Mandrake untuk penggunaan desktop.
• Multimedia yang kurang (secara default) tidak dapat memutar format Windows Media, MP3, atau DVD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar