Selasa, 02 Maret 2010

hati-hati pengguna linux

Pertama kali saya mengenal linux adalah aat saya sma, yaitu pada tahun 2005. Pertama kali menggunakannya memang agak bingung, Karen icon2 yag digunakan berbeda dari yang saya gunakan dirumah, yaitu windows XP. Kemudian saya belajar menggunakannya. Setelah mengenal saya mulai mencari tau apa keleihannya linux, ternyata kelebihannya yang utama adalah aman dari virus.

Dan makin lambat laun ternyata saya baru mengetahui jika tidak ada satu pun system opersi yang 100% aman dari virus, termasuk juga system operasi linux.

Baru-baru ini, malware ditemukan tersembunyi di dalam theme Gnome dari sebuah situs cukup punya reputasi.Pengguna yang menginstal theme ini juga mendapatkan beberapa skrip yang terinstal sebagai root yang dirancang untuk menyerang target yang terdapat di internet atau mungkin bisa saja akibatnya lebih buruk dari itu.

Kita dapat lihat, bahwa pemikiran yang menganggap Linux itu kebal cepat atau lambat harus segera dipikir ulang sehingga membuat komputer kita tidak terlindungi. Ke depannya bisa saja seiring semakin meluasnya penggunaan Linux maka para pembuat virus mulai mengalihkan target serangannya kepada komputer berbasis Linux.

Maka dari itu walaupun kita menggunakan system operaasi linux, kita harus waspada, walaupun anti virus didalam system operasi linux tidak begitu menonjol. Dan tetap berhati hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar